NewsGopego PlayGopego Magz

Review PlayStation Vita

24 May 2012
Review PlayStation Vita

Akhir Januari yang lalu Sony resmi merilis PlayStation Vita, handheld game console paling mengesankan dari yang pernah ada. Bukan hanya dilengkapi dengan satu, tapi dua quad-core processor. Apa saja yang ditawarkan oleh next generation PlayStation ini?

Hal pertama yang menarik perhatian tentu layar 5 inci OLED touchscreen dengan ppi 220. Di atas kertas, mungkin tampak jauh dibandingkan dengan level Retina Display Apple (326 ppi), tapi jangan salah, PS Vita memiliki layar yang besar, terang, dan cantik.

Mengingatkan pada Nintendo 3DS? Well.. tapi Nintendo 3DS tampaknya tidak bisa menyaingi Vita dalam hal grafis. Yang ditawarkan Vita adalah pengalaman konsol game rumah yang portable, dan ini membuatnya berada pada kelas yang lebih tinggi.

Basic
Seperti namanya, PlayStation Vita merupakan revisi lain dari Sony PSP dengan banyak evolusi tingkat tinggi. Faktor bentuk dasar yang sama dan tampilan yang tidak banyak berbeda dari pendahulunya. Tapi jangan salah, Vita bisa diibaratkan seperti serigala berbulu domba, dalam artian yang positif tentunya.

v

Bentuknya oval melengkung dengan ukuran 7,2 inci dari ujung ke ujung. Ya, ini merupakan handheld Sony terbesar yang pernah ada, dengan berat 3,3 inci dan ketebalan 0,73. Alasan Sony cukup jelas, “Jika kami membuat handheld console yang paling powerfull di dunia, kami akan membuatnya sebaik mungkin. Ini termasuk kemasan visual, layar 5 inci OLED screen yang sebesar konsol PSP Go.”

Mungkin Anda yang sudah pernah merasakan pengalaman bermain dengan konsol ini setuju jika Vita jauh lebih nyaman untuk dipegang dan dioperasikan dibandingkan dengan model PSP lain dan DualShock/Sixaxis controller PlayStation. Bisa dibilang PlayStation Vita cukup ergonomis.

Ukuran
Well.. mengenai ukuran yang diperbesar tampaknya ini merupakan konsekwensi yang sesuai dan layar, dengan model Wi-Fi onlu yang memiliki berat hanya 260gr lebih ringan dari original PSP 1000.

Bagian depan konsol Vita menawarkan keindahan hardware. Pada bagian kiri layar Anda akan menemukan Sony D-Pad klasik, analogue stick, speaker dan PS Home button.


v2

Sedangkan pada bagian kanan, Anda akan menemukan PlayStation triangle yang klasik, tombol lingkaran, kotak dan huruf X, juga analogue stick, speaker, 0.3MP front facing camera serta Start dan Select button yang tentu sudah sangat familiar.

v3

Pada bagian atas Vita ditempatkan left dan right shoulder button, tidak ada trigger button seperti yang Anda temukan pada PS3 Dualshock controller. Diantara shoulder Anda akan menemukan on/off button, volume control, PS Vita Card slot dan terminal plug in.

v4

Konsol Vita juga menyediakan konektor USB untuk charging dan koneksi ke PS3, serta adaptor headphone/mikrofon dan Memory Card slot.

Dan akhirnya, bagian belakang dari PS Vita yang dilengkapi dengan rear Touch Pad, 0.3MP camera dan microphone baru.

v5
PlayStation Vita dilengkapi dengan 32-bit Quad-core ARM Cortex-A9 MPCore CPU, hal sama yang akan Anda temukan pada banyak perangkat lain, termasuk iPad 2. Grafis didukung GPU A9, quad core PowerVR Series5XT SGXMP+ chip. Ini membuat Vita memiliki kemampuan grafis yang lebih daripada iPhone 4 atau iPad 2.

Anda mungkin setuju jika yang paling membuat Vita tampil mengesankan adalah layarnya, dengan LCD yang lebih terang. Layar Vita dilengkapi dengan qHD resolution 640x960. Ini tidak lantas membuatnya menjadi layar yang paling tajam, retina display iPhone 4S memiliki pixel density 325ppi, sementara Vita hanya 220ppi. Tapi Vita cukup memiliki grafis yang cantik daripada perangkat portable lainnya.

v6

Dan jangan lupa, layar Vita juga merupakan capacitv\ive touchscreen, yang berarti Anda menggunakan gesture pada layar untuk navigasi new interface PS Vita, daripada menggunakan D-Pad. Vita juga memudahkan Anda untuk mengontrol banyak game dengan sederhana, cukup dengan memindahkan perangkat di tangan Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk membidik hanya dengan menggerakkan perangkat, cocok untuk game seperti Uncharted.

v7

Internal Storage
Salah satu kekurangan Vita adalah tidak adanya internal storage. Jadi selain konsol, Anda harus membayar untuk memory card Vita dari Sony, pada dasarnya bentuknya mirip tetapi lebih kecil dari SD card umumnya.
 
Battery Life
Salah satu hal yang penting dari sebuah konsol game portable adalah daya tahan baterai. Dan tampaknya Vita tidak cukup mengesankan untuk hal ini. Battery life Vita selama game konstan lebih dari 4 jam, bagi pengguna yang memiliki regular access untuk power socket, dan Vita bisa charging dengan sangat cepat. Tak hanya itu, Vita juga memiliki sleep mode yang cukup fantastis, jadi jika Anda mematikan layar, konsol akan mengkonsumsi daya yang hampir tidak ada sama sekali, bahkan jika Anda berhenti pada pertengahan permainan.

Tapi baterai Vita tidak bisa dipindahkan, jadi jika Anda berpikir untuk menyimpan cadangan, jangan harap bisa melakukannya. Charger sendiri terdiri dari 3 bagian, wall socket dan power lead, transformer kecil dan USB 2.0.

Well.. PlayStation Vita merupakan konsol game yang cukup mengesankan. Bermain dengan PlayStation Vita ibarat menggenggam masa depan. Bagaimana menurut Anda, apakah Anda sependapat? Jangan lupa tinggalkan komentar jika Anda sudah pernah mencobanya :)